Kamis, 27 Mei 2010

Prameks, pertama kali naik kereta api

Pagi-pagi sesudah subuh, terjadi kesibukan “luar biasa” di rumah-rumah tetangga yang punya anak TK. Terdengar samar-samar kata-kata prameks diatara bibir-bibir mungil anak-anak ini. Merasa penasaran apa yang terjadi saya mencoba melakukan “investigasi” (yaa… cari tahu maksudnya) apa yang terjadi. Ternyata orang tua mereka sedang menyiapkan anak-anak (dan ibunya tentunya sebagai pengawal) beserta semua perbekalan untuk suatu perjalanan wisata sekolah TK mereka. Maklumlah anak-anak, meskipun waktu untuk berkumpul di sekolah baru nanti pukul 07.00, sesudah sholat subuh mereka sudah minta dimandikan dan bahkan semalaman ada juga yang tidak tidur karena sudah terbayang-bayang perjalanan wisata, apalagi wisatanya terasa istimewa, yaitu untuk pertama kali naik kereta api, Prameks lagi.
Ide ini saya anggap brilian karena para pengasuh TK merasa bahwa bagi anak-anak (khususnya yang tinggal di antara Yogya dan Magelang) yang lahir sesudah akhir tahun 70-an, yang namanya kereta api hanya sebuah mimpi dan hanya bisa mereka saksikan di gambar-gambar atau di televisi. Ini disebabkan sejak akhir 70-an PTKA (PNKA waktu itu) memutuskan untuk menghentikan operasi jalur kereta api Yogya – Magelang – Parakan. Bahkan saat ini hampir tidak bisa ditemui tanda-tanda adanya perngoperasian kereta api karena rel-rel keretanya sudah ditimbun aspal untuk pelebaran jalan raya Yogya-Semarang. Bahkan tinggal beberapa stasiun saja yang masih terlihat berbentuk stasiun, sebagian besar lainnya sudah berubah bentuk maupun fungsinya.

Saat Jendral Sarwo Edhie Wibowo (alm) menjabat Gubernur AKABRI UDARAT, kereta api Yogya-Magelang pernah diaktifkan untuk angkutan para taruna AKABRI yang ingin berlibur ke Yogya pada hari Minggu dan hari libur. Tetapi itupun tidak bertahan lama karena dari sisi biaya operasional tidak menguntungkan PNKA. Masyarakat tidak tertarik lagi untuk naik kereta api, dan lebih memilih moda angkutan jalan raya yang lebih cepat. Yang memilih kereta api hanya sebatas yang ingin bernostalgia saja.

Kembali ke wisata istimewa tadi, ternyata pilihan pengasuh TK ini cukup cerdas, yang mereka pilih adalah kereta api Prameks (Prambanan Ekspres).

Kereta api Prameks (Prambanan Ekspres)


Prameks adalah sebuah layanan transportasi kereta api yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo (hingga Stasiun Palur). Sejak Maret 2010 beroperasi lima belas kali pulang pergi sehari dan dikelola oleh PT Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta. Kereta api ini berhenti di stasiun-stasiun Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta (Tugu), Lempuyangan, Maguwo (Bandara Adisucipto), Klaten, Purwosari, Solo Balapan, Jebres, dan Palur. Peminat kereta api ini sebagian terbesar adalah pada pelajo (commuter), yang merasa dengan cara ini lebih berhemat dibanding kost di Yogya atau Solo. Mereka umumnya adalah para mahasiswa, pelajar, dosen, karyawan pemerintah atau swasta. Ada juga mereka yang hanya untuk sementara karena sedang ada proyek di Yogya atau Solo (dalam hitungan bulan atau minggu saja), yang mungkin secara berkala tetapi tidak harus setiap hari. Dan terakhir adalah yang memanfaatkan untuk tujuan wisata seperti rombongan TK ini, atau ada juga rombongan keluarga. Tidak ketinggalan juga menikmati traveling dengan Prameks ini adalah para wisatawan manca negara.
Memang fasilitasnya tidak terlalu istimewa, dengan penataan tempat duduk penumpang seperti pada Trans Jakarta atau Trans Jogja, hanya mungkin dari segi ketepatan pemberangkatan dan waktu tempuh yang masih bisa diandalkan, karena bila kita bicara tentang kereta api maka keluhan utama para penumpang adalah pada kedua hal tersebut.
Dengan adanya moda angkutan kereta Prameks ini, maka ada tambahan moda trasportasi yang bisa dipilih oleh para penumpang jurusan Yoga – Solo pp yang ingin menikmati angkutan yang representatif dan nyaman, dengan tarif yang terjangkau. Selama ini moda yang bisa dipilih hanya bis Patas Eka (Surabaya – Yogya – Magelang pp) dengan bis ber AC dan reclining seat dengan tarif (Solo – Yogya) Rp.10.000,00 dengan pelayanan air mineral satu gelas, sementara tarif Prameks adalah Rp.9.000.00. Perbedaan ada pada frekuensi keberangkatan dan jam operasi, Patas Eka beroperasi hampir 24 jam penuh dengan interval pemberangkatan tiap 30 menit, sedang Prameks hanya beroperasi antara pukul 05.30 – 18.00 dengan interval pemberangkatan rata-rata 1 jam sekali. Waktu tempuh dari Yogya – ke Solo pp. Prameks sedikit lebih cepat karena tidak ada hambatan kemungkinan kemacetan jalan dan lampu merah segala seperti Patas Eka yang menempuh dari terminal ke terminal sekitar 90 menit.
Nah silakan pilih dan coba sendiri, tinggal apa keperluan Anda, bisnis, kantoran, wisata sekeluarga atau sekedar santai tanpa tujuan.

Minggu, 23 Mei 2010

Sungguh-sungguh terjadi jilid 2

Bagi yang kangen dengan kisah-kisah singkat sungguh sungguh terjadi, saya post lagi disini, yang saya cuplik dari Koran KR terbitan April dan Mei 2010.

• Di Purwokerto ada 2 patung Jendral Soedirman naik kuda. Yang satu ada di depan RSU Margono, menghadap ke arah timur. Yang kedua ada di depan kampus Unsoed menghadap ke barat. Kenapa saling ”berhadapan”? Ternyata punya arti tersendiri. Konon agar kudanya tidak ”tabrakan”! (Kiriman: Slamet Arbani, Jalan Dewi Sartika No 522, Kauman, Gombong 54411, Jateng)
• Di Indonesia, memakai sandal di lingkungan sekolah, dianggap tidak sopan. Di beberapa sekolah di Jepang yang saya kunjungi, justru para siswa dan juga guru, semuanya memakai sandal di lingkungan sekolah. Tentu saja dari rumah mereka pakai sepatu. Sampai di sekolah ganti pakai sandal yang sudah disiapkan pihak sekolah. (Kiriman: Ridwan Arif Nugroho MA, Sleman, Yogyakarta).

• Ketika mengikuti workshop (lokakarya) di Rotterdam, Belanda, kami tinggal di hotel dengan fasilitas kolam renang air hangat, taman bunga tulip, dsb. Hotelnya bagus, tapi namanya Bad Hotel (Hotel Buruk). Ternyata, memang bahasa Inggris bad artinya buruk, tapi bahasa Belanda bad artinya... kolam renang. (Kiriman: Warsi, Gumilir Indah Blok 2 No 122, Cilacap 53235, Jateng)
• Gedung Olah Raga (GOR) yang paling panas di Jawa Tengah, bahkan di Indonesia, ternyata ada di Kebumen. Namanya serem, yaitu... Condrodimuko. (Kiriman; Drs Krismanto, Jalan Bogowonto 10/97, RT 05 RW 01, Wero, Gombong 54416, Jawa Tengah)
• Pada masa penjajahan Belanda dulu, imigran (”tamu”) asli kelahiran Tiongkok yang datang di kota Parakan, Jateng, hanya 4 suku. Ialah suku Kanton yang bergerak di bidang kelontong, suku Hokciu berusaha di bidang tekstil, suku Hopai di bidang tukang gigi dan yang terbanyak adalah suku Hokian di bidang sembako. Yang masih ada saat ini adalah generasi penerus. Selain itu sudah terjadi banyak perkawinan campuran. (Kiriman: M Agus Sangadji, Jalan Jumadi 7, Parakan, Jateng 56254)
“TOKEK” ini dipastikan merupakan hewan termahal sedunia saat ini. Beratnya 64 kilogram. Harganya Rp 16 triliun. Ditemukan di Pulau Kalimantan, perbatasan Siemanggaris, Nunukan, Indonesia dan Seudong, Malaysia. Telah dibeli oleh Andi Makuraga Hidayat, warga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Semoga bisa masuk The Guinnes Book of Record. (Kiriman: Achmad Pujiyanto, Jl Waru IV No 30, Tanjung Elok, Purwokerto Selatan, Jateng).
• Ketika saya jajan di warung angkringan daerah Panjatan, Kulonprogo, DIY, saya menemukan makanan tradisional growol digoreng dilapisi gandum. Uniknya, nama makanan itu cukup keren, mirip nama orang, yaitu... Kamandanu. (Kiriman: Andri Nurdianto, Jl DI Panjaitan 110, Yogya 55141).
• Di tempat saya ada seorang nenek, namanya Mbah Wagiyem. Beliau punya menantu, namanya juga Wagiyem. Uniknya, menantu Mbah Wagiyem itu juga punya menantu, namanya juga... Wagiyem. Silakan, boleh dicek! (Kiriman: Arif Muhammad Fauzy, Sindet RT 04, Trimulyo, Jetis, Bantul, DIY 55781).
• Di depan terminal bus Cawas, Klaten, ada penjual mie ayam spesial ceker, diberi tulisan Mama Mia. Nama ini sepintas mirip nama acara di satu TV swasta, tapi yang dimaksudkan pemiliknya adalah ajakan “Mari Makan Mie Ayam”. Silahkan cek! (Kiriman: Sri Suyanti (Nadya), d.a. Karangmalang RT 5 RW IV, Kepanjen, Delanggu, Klaten 57471, Jateng).
• Malam Minggu lalu saya beli kupat tahu di warung dekat rumah. Di sana ada beberapa pembeli yang sedang antre. Salah satu pembeli tanya ibu saya: “Bu, putrane njenengan ndak wonten sing naminipun Azizah Nurulaini?”. Ibu saya menjawab: “Inggih, lha niki larene”, sambil menunjuk saya. Kemudian ibu itu tanya pada saya: “Mbak yang sering ngirim SST di KR, ya?”. Saya mengangguk. Wah, ternyata bisa jadi “terkenal” lewat SST! (Kiriman: Azizah Nurulaini, Citro Manggisan No 67, RT 3 RW 2, Kalijoso, Secang, Magelang, Jateng).
• Kalau Anda naik angkutan kota di Semarang, jangan kaget dengar teriakan kernet begini: “Mayat, mayat.., ada yang turun?”. Maksudnya turun di RS Karyadi dekat kamar mayat. Atau, kalau naik angkutan jurusan Banyumanik-Pasar Johar, ketika sampai di kawasan Tanah Putih Jl MT Haryono, si kernet akan teriak: “Kambing, kambing, siapa turun?”. Maksudnya turun Pasar Kambing. Wah, semprul tenan, wong manusia kok disebut mayat dan kambing! (Kiriman: Herry Murjani, Gamping Tengah RT 06 RW 15 No 72, Ambarketawang, Gamping, Sleman, DIY).
• Dalam Pemilukada Kabupaten Kediri, istri pertama Bupati lama Drs Sutrisno, yakni dr Haryanti bersaing dengan istri kedua yakni Hj Nurlaila memperebutkan jabatan suami mereka. Hingga Kamis lalu, Haryanti unggul, namun Nurlaila tetap optimis. Kita ikuti terus perkembangan pemilukada unik ini! (Kiriman: Teguh Santoso, SMP Muhammadiyah 6 Pulung, Jl Jayengrono, Pulung Merdiko, Pulung, Ponorogo 63481, Jawa Timur).
• Sehabis nonton ketrampilan seekor anjing yang sangat pandai dan rajin memasukkan sampah ke bak sampah di JEC Minggu 2 Mei 2010, cucu saya Bhre (8 th) tidak mau kalah. Dia jadi tidak sembarangan buang sampah. Ternyata anjing pun pintar memberi contoh berbuat tertib. (Kiriman: WS Antono Amatredjo, Babarsari TB 16 No 17, Yogya. Honor harap dikirim untuk cucu saya yang pandai, Bhre Sukma, murid SD Caritas, Nandan, Yogya).
• Tak mau kalah dengan kota-kota besar yang punya wahana rekreasi air seperti Balong Park di Yogya atau Waterboom di Semarang, Purwodadi juga punya. Namanya ”Bloombang” (dibaca: Blumbang) Waterpark. (Kiriman: Wiranto Agus Sutopo, Jalan Anggodo III T No 5, Perum Ayodya, Purwodadi Grobogan, Jateng).
• Minggu 4-4-2010 saya mancing di pantai Suwuk, Kebumen. Ternyata disana sudah ada 8 pemancing. Anehnya, ada satu orang yang selalu dapat ikan terus. Setelah saya dekati ternyata umpannya apa, orang tersebut menjawab, umpannya pakai udang diberi trasi ! Apa tumon ?! – (Kiriman : Edi Sudrajat, Gumawang RT 02 RW 03, Kuarasan, Kabupaten Kabumen, Jateng).
• Ada yang menarik ketika saya mengikuti Tour de Jatim dalam rangka HUT ke 1 KR Radio. Selama dalam perjalanan, jika ada penumpang yang kebelet pipis, cukup berteriak “Kesenian !”. Maka pak sopir bus akan segera berhenti di pom bensin terdekat, dan penumpang bergegas ke toilet untuk ber-ke-“seni”-an. (Kiriman : Ikhsan Y., Mantrijeron, Yogya. Salam untuk semua crew 7 peserta Tour de Jatim KR Radio).
• Biasanya tukang pijit kalau memijit pasiennya, menggunakan minyak urut atau minyak gosok. Tapi di Gombong ada tukang pijat kalau memijat pasiennya menggunakan “singkong” alaias “budin’. Ampuh lho, dan uenak tenaaan. (Kiriman : Lie Tjie Liong, Semanding RT 01 RW 02, Gombong, Kebumen, Jateng).
• Di Klaten saat ini banyak warung makan menyajikan nuansa lokasi berbeda. Yakni : Soto Kuali Ngumpet di Mlinjon, Soto Ayam Mlebu Gang di Sekalekan, Warung Makan nJepit di BPM, Warung Makan Kebon di Tegalsepur dan Kare Ayam nJeronboto di Wedi. Satu porsi soto Cuma Rp.1.000. Rasanya Mak Nyuuuus ! (Kiriman : Suwarno, Pedagang Mainan Anak-anak, Jalan Raya Utara 73, wedi, Klarten, Jateng 57461).
• Jika suatu saat kita ada di suatu tempat, jarang bisa melihat beberapa gunung sekaligus. Tapi bila kita ada di desa Setieng, kawasan Wonosobo, kita akan dapat menyaksikan 4 gunung sekaligus. Di sebelah barat, kita akan melihat gunung di dataran tinggi Dieng, dan disebelah timur kita melihat Gunung Sindoro, Sumbing dan Gunung Kembang.( Kiriman : Agus Kamaludin, Ds Kepandean RT 01 RW 01, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten tegal, Jateng).
• Pemerintah Jepang baru-baru ini memproduksi doggy bag. Barang ini bukannya tas untuk bawa anjing. Tapi wadah untuk bawa pulang sisa makanan ketika seseorang tidak mampu menghabiskan makanannya. Doggy bag ini merupakan jawaban atas keprihatinan banyak pihak terhadap banyaknya makanan sisa terbuang sia-sia. Setiap tahun restoran di Jepang membuang 5 hingga 9 juta ton makanan sisa. (Kiriman : Ridwan Arif Nugroho MA, Sleman, Yogyakarta).
• Susana Ujian Nasional di SMPN 2 Maos, Cilacap, tidak tegang. Mirip pesta ulang tahun. Ruang kelas dihiasi pita warna warni. Jeda ujian diputar lagu-lagu hits Band Kotak dan D’Massiv. Pengawas disuguhi teh manis dan snack yang tidak lazim, yakni … telur rebus ! (Kiriman : Aribowo Hartanto, Jalan Gunung Sari 11-B, RT 08 RW 12, Sidanegara, Cilacap 53223, Jateng).
• Awal Maret 2010 saya di Magelang makan siang di kompleks per-warung-an. Disitu makanan apa saja ada. Jalan kompleks pakai nama para Pahlawan Revolusi : Jalan Brigjen Katamso, Jalan Mayjen Sutoyo dan lain-lain. Karena banyak nama jendral, kompleks itu dinamakan .. Jendralan… (Kiriman : Warsi, Gumilir Indah Blok 2 No. 122, Cilacap 53235, Jateng).
• Baru-baru ini saya kena tilang di Jalan Kaliurang, Yogya. Masalahnya, SIM tertinggal di saku jaket di rumah. Saya SMS anak saya Dadang agar menyusulkan SIM ke lokasi razia. 15 Menit kemudian, dia datang, santai, boncengan tiga, tanpa helm dan tak bawa surat-surat. Akibatnya, saya terbebas dari tilang, tapi anak saya gantian kena tilang, bahkan melanggar 3 pasal sekaligus ! Dasar anak zaman sekarang ! (Kiriman : Bambang Setyono Gendhut, RS Grhasia, Jalan Kaliurang Km 17, Yogya).

Mudah-mudahan terobati kangennya.

Minggu, 16 Mei 2010

Wisata belanja di seputaran Malioboro

Malioboro, memang yang satu ini benar-benar menjadi ikon dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Belum ke Yogya namanya kalau belum mencicipi perjalanan wisata di seputaran Malioboro.
Tulisan ini saya buat untuk mereka yang belum pernah dan berencana untuk berkunjung ke Yogya, atau yang sudah pernah tetapi merasa kurang puas karena kurang terencana. Saya sudah pernah menulis artikel tentang tips belanja di Malioboro dan Beringharjo, tentang strategi menawar, jadi tulisan saya sekarang ini tentang bagaimana menyusun jalur perjalanan Anda di seputaran Malioboro, yang sayang kalau harus dilewatkan. Wisata ini sebaiknya Anda mulai sekitar pukul 09.00 pagi, dan menurut pengalaman saya akan memakan waktu sekitar 3 jam, tentunya terserah Anda bisa kurang atau tak terasa lebih dari itu.


Jalur wisata dan belanja di seputaran Malioboro
Nah, sekarang saya ingin tahu siapa Anda, dari informasi ini saya akan menentukan bagaimana saya memandu :

A. Kalau Anda datang dengan mobil pribadi dan bawa pengemudi

• Silakan turun di depan hotel Garuda, suruh pengemudi Anda parkir dan menunggu di ujung selatan Malioboro, tempat parkir sekitar Kantor pos besar atau Bank Indonesia.
• Mulailah jalan kaki di trotoar barat Malioboro untuk belanja souvenir atau asesoris di pedagang kaki lima, tapi sebaiknya tunda keinginan belanja batik dulu, karena tempatnya bukan disini. Sekedar melihat-lihat boleh saja.
• Toko-toko saya kira tidak ada bedanya dengan kota-kota lain, mal yang ada di Malioboro adalah Malioboro Mal, Ramayana dan Matahari. Kalau ingin kulakan handphone atau komputer dengan segala asesorisnya silakan kunjungi Toko Ramai, disana tempatnya di lantai II, harganya lebih miring daripada Anda harus ke Yogyatronik, mal khusus komputer dan barang elektronik lainnya, tapi boleh juga kalau Anda mau kesana dan ada waktu, lokasinya di Jalan Brigjen Katamso.
• Kalau Anda ingin sarapan pagi, jalan dulu di trotoar sebelah timur Maliboro, disana banyak tenda-tenda penjual makanan. Tetapi pesan saya jangan merasa malu dan sungkan untuk menanyakan berapa tarif per porsi makanan/minuman kalau Anda mendapati di daftar menunya tidak tercantum nilai rupiahnya, dari pada nanti terkaget-kaget saat penjual menyodorkan bill-nya.
• Selesai Malioboro, masuk ke pasar Beringharjo dan disinilah waktu dan tempatnya untuk belanja batik dan aneka pakaian serta olahan tekstil lainnya, termasuk kalau mau beli bahan jamu (jawa) atau perlengkapan upacara manten. Sebelum masuk pasar boleh Anda cicipi pecel sayur yang makannya harus berdiri karena tidak ada tempat duduk, tempatnya dekat pintu masuk utama.
• Selesai belanja di Beringharjo, keluar lewat pintu belakang, jangan kembali ke pintu masuk di depan, karena dari pintu belakang Anda tinggal jalan kearah kanan, jalan kaki sebentar untuk belanja buku di Pasar Buku.
• Selesai belanja buku di pasar buku, kalau Anda bawa anak-anak, ajak mereka ke Taman Pintar, lokasinya hanya selangkah dari pasar buku. Sementara kalau Anda tidak bawa anak-anak, tetap saja masuk ke Taman Pintar (gratis kok) sekedar mencari jalan pintas menuju ke pintu gerbang depan, dan tinggal menyeberang jalan raya untuk mencari dimana mobil diparkir oleh pengemudi Anda.
• Masih ada obyek kunjungan yaitu Benteng Vredeburg kalau Anda punya minat permuseuman, caranya dari pintu depan Taman Pintar jangan menyeberang jalan tetapi belok kanan, ikuti terus trotoar jalan sampai di lokasi tujuan. Dalam perjalanan ini mungkin Anda sudah bisa melihat dimana lokasi mobil Anda di parkir karena kelihatan dari seberang jalan.

B. Anda dengan mobil pribadi tanpa pengemudi

• Parkir mobil Anda di taman parkir sebelah utara hotel Garuda.
• Selanjutnya lakukan seperti item A diatas.
• Untuk kembali ke mobil Anda, manfaatkan transportasi andong wisata yang banyak tersedia parkir di belakang atau samping pasar Beringharjo sambil mencicipi andong wisata yang mungkin tidak ada di kota Anda. Tarif dari Beringharjo ke taman parkir sekitar Rp.25.000 dengan daya muat sekitar 5 orang (boleh lebih kalau anak-anak, kasihan kan kudanya kalau overload).
• Item B ini berlaku juga kalau Anda berombongan dengan bis wisata. Sebaiknya print dan fotocopy peta yang saya sertakan ini untuk pedoman anggota rombongan agar tidak kesasar.

C. Anda menggunakan kendaraan umum
• Tak terkecuali di terminal mana saja Anda tiba di Yogya, Giwangan atau Jombor, silakan pindah ke Trans Jogja ambil jalur yang lewat Malioboro, dan turun di shelter depan hotel Garuda.
• Rute wisata kembali lakukan seperti item A.
• Untuk kembali ke terminal kedatangan silakan naik Trans Jogja dari shelter di depan Benteng Vredeburg, jangan yang di dekat Taman Pintar.
• Kalau Anda datang dengan kereta api, tinggal jalan kaki saja dari stasiun Tugu ke Malioboro. Untuk kembali ke stasiun manfaatkan andong wisata seperti pada item B. Kalau ingin lebih hemat naik Trans Jogja dari shelter depan benteng Vredeburg, tanyakan jalur mana dan transit dimana saja agar bisa turun di stasiun Tugu, tetapi jangan lupa perhitungkan waktu sesuai jam keberangkatan kereta api yang akan Anda naiki.

Bila dalam rute wisata ini Anda ingin melakukan ibadah shalat dhuhur dan atau ashar, fasilitas masjid/mushala tersedia di komplex Gedung DPRD DIY, Kepatihan, toko busana muslim Al Fath atau masjid Al Muttaqien disamping selatan pasar Beringharjo, sedangkan untuk makan siang bisa di kaki lima atau ke Pujasera di lantai atas toko Ramai yang tempatnya lebih nyaman.

Silakan simak juga tulisan-tulisan saya sebelumnya yang berkaitan.

Senin, 10 Mei 2010

Pasar buku murah, baru maupun bekas

Buku, memang sekarang ini termasuk barang mahal, tetapi buku seolah tak pernah lepas dari kehidupan manusia berpendidikan dan berbudaya. Tanpa buku rasanya sulit dibayangkan bagaimana kita mau menjalani kehidupan ini. Walau begitu saya yakin bahwa minat baca buku penduduk Indonesia masih tergolong rendah dibanding negara-negara lain di Asean, sehingga masih tergolong langka orang yang punya hoby berburu dan membaca buku. Saya sendiri merasa termasuk kutu buku, tetapi pembelian buku saya belum lebih dari 12 buah buku per tahun atau satu buah per bulan.

Pasar Buku Murah Shoping Center


Paling tidak dua bulan sekali saya ke Yogya dan salah satu tujuan wisata (kalau boleh dibilang demikian), dan hampir pasti adalah Pasar Buku Shoping Center. Lokasinya di sebelah timur Benteng Vredeburg dan berada di halaman depan Shoping Center, masih dalam bentuk kios-kios yang boleh dibilang semrawut. Namun sejak Juli 2005 pasar buku ini direlokasi menempati lokasi baru yang letaknya tidak jauh dari sebelumnya, dan menjadi bagian dari bangunan Gedung Taman Pintar. Bangunan shoping center disulap menjadi Taman Pintar dan para pedagang buku ikut ditata dan dipindahkan. Tempat baru ini ternyata tertata lebih rapi dibanding saat masih di halaman shoping center. Tepatnya Pasar buku berada di Jl. Sriwedani, terletak antara Taman Pintar dan Taman Budaya. Dengan pembenahan ini, Pasar Buku akhirnya tidak hanya menjadi pusat penjualan buku, namun juga tempat tujuan wisata, karena letaknya strategis berada di kawasan belanja dan wisata seputaran Malioboro, yang bisa dijangkau dari berbagai arah.
Biasanya saya menyusun jalur “wisata” saya seperti ini : naik bis dari Magelang turun terminal Jombor, ganti Trans Jogja turun Malioboro, jalan-jalan di Malioboro, belanja atau sekedar lihat-lihat batik di Pasar Beringharjo dan diakhiri dengan belanja buku di Pasar Buku. Obyek-obyek wisata ini bisa ditempuh cukup dengan berjalan kaki. Seandainya Anda membawa anak-anak sekalian bisa dilanjutkan dengan wisata pendidikan ke Taman Pintar, dan bagi peminat museum bisa ke Benteng Vredeburg. Untuk kembali ke terminal bis manapun, bisa naik Trans Jogja dari shelter di depan benteng Vredeburg.
Pada masa pedagang masih berjualan di tempat lama, pasar buku ini terkenal sebagai ajang jual-beli buku bekas. Transaksi jual biasanya dilakukan oleh para mahasiswa pendatang yang butuh uang karena mungkin kiriman dari orang tua terlambat, atau mereka yang sudah lulus namun buku-bukunya tidak dapat diwariskan ke siapa-siapa, maka paling praktis ya diuangkan di tempat ini. Transaksi jual beli buku bekas ini merupakan kegiatan yang saling menguntungkan. Bagi mahasiswa yang kantongnya tipis dan harus beli buku, tertolong adanya penjualan buku bekas yang harganya termasuk sangat miring (kalau pandai-pandai menawar), dan seandainya harus beli buku baru harganya tetap lebih murah dibanding harga di toko buku, sementara yang butuh uang ada tempat penyalurannya.

Di tempat yang baru sekarang ini kegiatan jual-beli buku bekas masih tetap ada namun umumnya porsi terbesar tetap buku-buku baru, karena buku baru disini dijual dengan diskon sampai 35% tergantung penerbitnya, tidak terkecuali kios-kios yang mengadakan penjualan obral buku baru dengan harga jauh dibawah harga aslinya. Buku-buku dari penerbit Gramedia misalnya bisa diperoleh dengan diskon 20%. Karena itu harga buku baru tetap bisa bersaing dengan buku bekas, kecuali judulnya memang langka atau sudah tidak beredar lagi. Termasuk pengecualian adalah buku yang termasuk buku kuno yang punya nilai sejarah.
Dari jumlah judul dan jenis buku mungkin ada benarnya apa yang pernah saya baca dalam satu tulisan bahwa pasar buku ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Dari sisi pengunjung ternyata bukan hanya masyarakat Yogyakarta yang menikmati keberadaan pasar buku ini. Memang tidak ada data yang bisa dianggap valid tentang berapa jumlah pengunjung luar Yogya, maupun dari kota-kota di propinsi-propinsi tetangga.
Secara keseluruhan ada sekitar 120an kios yang tertata rapi di dua lantai, dan para pedagang bergabung dalam satu wadah koperasi.
Banyak macam buku yang dijual boleh dibilang sangat lengkap, mulai dari buku pelajaran, buku-buku pengetahuan umum, religi, novel dan komik, majalah, tabloid, bahkan kliping artikel, skripsi, proposal dan makalah-makalah. Buku-buku ini selain dari penerbit dalam negeri juga banyak buku-buku terbitan penerbit luar negeri. Bila dihitung-hitung, toko sebesar Gramedia sekalipun mungkin agak susah untuk bisa mengimbangi tersedianya judul dan jenis buku dengan pasar buku ini. Sayangnya saya tidak mendapatkan sumber data yang bisa diyakini perbandingan antara omzet penjualan di pasar ini dengan misalnya Gramedia, sebagai toko buku terbesar di Yogyakarta.

Oleh pedagang yang khusus menjual kliping artikel, skripsi, proposal dan makalah-makalah saya disodori katalog yang berisi judul-judul skripsi dagangannya, dan tidak kurang dari 300an judul tersedia, dalam bentuk foto copian. Harga yang ditawarkan untuk S1 Rp.60.000an, S2 Rp.150.000an dan S3 Rp.500.000an, semuanya masih bisa negosiasi tergantung dari judul yang diminati. Dari informasinya, peminat jenis dagangannya adalah dari kalangan mahasiswa, dengan alasan untuk referensi penulisan skripsi, sedang darimana sumber barangnya hanya dikatakan bahwa ada penjual yang datang, soal itu penulisnya sendiri atau sudah dari tangan kedua-ketiga tidak digali lebih dalam. Bisa jadi pedagang sendiri yang berburu dari sumber-sumber yang sudah terbiasa memasok barang-barang ini, bila ada pesanan judul atau katagori tertentu yang tidak dimiliki.

Nah, itulah, mari kita jadi tambah pintar dengan sering-sering ke Pasar Buku murah di Yogya ini.

Rabu, 05 Mei 2010

Jajan bis dengan 3000 rupiah naik Trans Jogja

“Jajan”, ya, agak susah memang mencari terjemahannya dalam bahasa Indonesia yang tepat dengan satu kata, apalagi dikaitkan dengan Trans Jogja. Anak, atau cucu kita yang beli makanan di warung, toko, atau penjaja makanan yang lewat, itulah gambaran yang tepat untuk arti kata “jajan”. Sebenarnya tidak hanya terbatas pada anak-anak, orang tuapun bisa dikatakan jajan kalau lebih suka makan di luar dibanding makan di rumah yang dimasak sendiri. Demikian juga bagi istri, kalau lebih senang beli makanan diluar daripada memasak sendiri, bisa disebut jajan, kecuali berlangganan catering.

Judul tulisan saya ini tentang jajan, tapi bukan jajan makanan melainkan jajan bis, masak sih kita mau beli bis Trans Jogja, bukan…….. Sengaja saya buat Anda penasaran, maksud saya mari kita seharian penuh naik bis keliling kota Yogya, hanya dengan bayar Rp.3000,- per kepala naik Trans Jogja. Modal untuk ongkos bis secukupnya saja, yang penting bawa air mineral, snack, bahkan kalau perlu nasi kotak, karena di perjalanan nanti kita tidak bisa jajan makanan atau minuman di dalam bis maupun di shelter.
Apa mungkin ? Tentu saja mungkin, dengan memanfaatkan bus Trans Jogja. Bis ini dioperasikan mirip-mirip (tidak 100%) Trans Jakarta. Bedanya antara lain pada prasarana jalan, di Yogya (dalam kota) tidak ada jalan selebar Sudirman-Thamrin di Jakarta, karena itu tidak mungkin membangun shelter bis di tengah jalan seperti Trans Jakarta.

Jalur-jalur Trans Jogja

Jalur 1A : Terminal Prambanan - Bandara Adisucipto - Stasiun Tugu - Malioboro – Jogja Expo Center (JEC)
Rute : Terminal Prambanan - Kalasan - Bandara Adisucipto - Maguwoharjo - Janti (lewat bawah) - UIN Kalijaga - Demangan - Gramedia - Tugu - Stasiun Tugu - Malioboro - Kantor Pos Besar - Taman Pintar - Pasar Sentul - SGM - Gembira Loka - Babadan Gedongkuning - JEC - Blok O - Janti (lewat atas) - Maguwoharjo - Bandara Adisucipto - Kalasan - Terminal Prambanan.
Jalur 1B : Terminal Prambanan - Bandara Adisucipto – Jogja Expo Center - Kantor Pos Besar - Pingit - UGM
Rute : Terminal Prambanan – Kalasan – Bandara Adisucipto – Maguwoharjo – Janti (lewat bawah) – Blok O – JEC - Babadan Gedongkuning – Gembira Loka – SGM – Pasar Sentul – Taman Pintar – Kantor Pos Besar - PKU Muhammadiyah – Pasar Kembang - Badran – Bundaran Samsat – Pingit – Tugu – Gramedia – Bundaran UGM – Colombo – Demangan – UIN Sunan Kalijaga – Janti – Maguwoharjo – Bandara Adisucipto – Kalasan – Terminal Prambanan.

Jalur 2A : Terminal Jombor - Malioboro – Basen – Kridosono – UGM – Terminal Condong Catur
Rute : Terminal Jombor - Monjali - Tugu - Stasiun Tugu - Malioboro - Kantor Pos Besar Taman Pintar - Gondomanan - Pojok Beteng Wetan - Tungkak - Gambiran - Basen - Rejowinangun - Babadan Gedongkuning - Gembira Loka - SGM - Cendana - Mandala Krida - Gayam - Flyover Lempuyangan - Kridosono - Duta Wacana - Galeria - Gramedia - Bunderan UGM - Colombo - Terminal Condongcatur - Kentungan - Monjali - Terminal Jombor.

Jalur 2B : Terminal Jombor – Terminal Condongcatur – UGM – Kridosono – Basen – Kantor Pos Besar – Wirobrajan - Pingit
Rute : Terminal Jombor – Monjali – Kentungan – Terminal Condong Catur – Colombo – Bundaran UGM – Gramedia – Kridosono – Duta Wacana - Flyover Lempuyangan - Gayam – Mandala Krida – Cendana – SGM – Gembira Loka– Babadan Gedongkuning – Rejowinangun – Basen – Tungkak – Pojok Beteng Wetan – Gondomanan – Taman Pintar - Kantor Pos Besar – PKU Muhammadiyah – Ngabean – Wirobrajan – BPK – Badran – Bundaran Samsat – Pingit – Tugu – Monjali – Terminal Jombor.

Jalur 3A : Terminal Giwangan – Kotagede – Bandara Adisucipto – Ringroad Utara – MM UGM – Pingit – Malioboro – Pojok Beteng Kulon
Rute : Terminal Giwangan – Tegalgendu – HS.Silver – Jl. Nyi Pembayun - Pegadaian Kotagede – Basen – Rejowinangun – Babadan Gedongkuning – JEC - Blok O – Janti (lewat atas) - Janti – Maguwoharjo - Bandara Adisucipto - Maguwoharjo – Ringroad Utara – Terminal Condongcatur – Kentungan – Kopma UGM - Jalan Cik Ditiro — Korem — SMP Negeri 5 — Lingkar Kridosono — Jalan FM Noto – Sudirman – Tugu – Pingit – Bundaran Samsat - Badran – Pasar Kembang – Stasiun Tugu - Malioboro – Kantor Pos Besar – PKU Muhammadiyah – Ngabean – Pojok Beteng Kulon – Plengkung Gading - Pojok Beteng Wetan – Tungkak – Wirosaban – Tegalgendu – Terminal Giwangan.

Jalur 3B : Terminal Giwangan – Pojok Beteng Kulon – Pingit – MM UGM – Ring Road Utara – Bandara Adisucipto – Kotagede
Rute : Terminal Giwangan – Tegalgendu - Wirosaban – Tungkak – Pojok Beteng Wetan – Plengkung Gading - Pojok Beteng Kulon – Ngabean – PKU Muhammadiyah – Pasar Kembang – Badran – Bundaran Samsat – Pingit – Tugu – Sudirman — Jalan Cik Di Tiro — RS Dr. Yap - Pertanian UGM - Kentungan – Terminal Condong Catur – Ringroad Utara – Maguwoharjo – Bandara Adisucipto – Maguwoharjo – Janti (lewat bawah) – Blok O – JEC - Babadan Gedongkuning – Rejowinangun – Basen – Pegadaian Kotagede – Jl.Nyi Pembayun – HS.Silver – Tegalgendu – Terminal Giwangan.


Pembagian wilayah (ring)


Untuk memahami pembagian trayek ini, dapat digambarkan Yogya dibagi menjadi 3 ring, yaitu Ring I dengan titik awal Terminal Prambanan, Ring II dengan titik awal Terminal Jombor dan Ring III dengan titik awal Terminal Giwangan. Dari ketiga ring ini diberangkatkan masing-masing 2 buah bis (A dan B), untuk mudahnya satu memutar searah jarum jam, satu berlawanan arah jarum jam, dan prinsipnya mereka (A dan B) tidak akan pernah bertemu di satu shelter. Mari kita lihat contohnya, ambil Ring II, sama-sama berangkat dari Terminal Jombor, sesudah melewati Monjali yang IIB lurus ke Kentungan – Terminal Condong Catur (searah jarum jam) sedangkan IIA belok kanan kearah Tugu (berlawanan arah jarum jam). Di wilayah dimana ring-ring ini overlapping, maka di wilayah itulah kita bisa melakukan transit di shelter-shelter Trans Jogja yang bersinggungan.

Mari kita mulai jajan bis

Lalu kapan dan bagaimana caranya kita jajan bis? Ini rahasianya, ambil salah satu ring, misalnya Ring II berangkat dari Jombor, ikuti terus sampai kembali ke Jombor lagi, jangan keluar shelter, ikut lagi sampai Malioboro, turun di salah satu shelter, transit IA, ikuti terus sampai satu putaran (Malioboro lagi), transit ke IIIA ikuti satu putaran (sampai Malioboro lagi), selanjutnya terserah Anda, kalau sudah loyo ya jalan-jalan dulu di Malioboro sebentar. Mau pulangnya ke mana ? Kalau ke terminal Giwangan ambil jalur IIIA lagi (tentunya bayar lagi karena sudah keluar shelter untuk jalan-jalan di Malioboro) langsung ke Giwangan, kalau ke Jombor ya tetap ambil IIIA nanti di shelter PKU Muhammadiyah transit ke IIB.
Anda bisa membuat variasi lain sesuai selera Anda, prinsipnya asal tidak keluar dari shelter maka Anda tidak perlu membeli ticket lagi. Dengan cara demikian, Anda sudah menghabiskan waktu seharian untuk berkeliling kota Yogya, hampir seluruh sudut-sudut kota Yogya bisa dilalui, cukup dengan Rp.3.000 per kepala.

Kondisi Trans Jogja kini

Keistimewaan Trans Jogja antara lain, bis masih kelihatan bersih, bebas pengamen, bebas copet (?), masih sejuk karena berpendingin udara. Tetapi sayangnya, sebagaimana kebiasaan bangsa kita, pandai membuat tapi tak pandai memelihara. Pernah sekali waktu saya naik bis ini dengan keadaan AC mati dan pintu penumpang terpaksa dibuka saat bis melaju dengan penuh penumpang, alangkah berbahayanya. Ketika saya tanyakan hal ini kepada pramugara cuma dijawab enteng : “Sebentar lagi seluruh unit AC-nya akan diganti”. Itu saja jawabnya. Sayang nama harum bis ini tercemar oleh entah siapa, sopir atau manajemen yang memaksakan bis tidak laik jalan tetapi tetap dioperasikan.

Selamat berjajan ria dengan tigaribu rupiah.

Foto hasil penelusuran Google.